Viral di Medsos, Objek Wisata Gunung Payung Semakin di Buru Wisatawan

ASPIRASInews.com, Minsel – Objek wisata Gunung Payung yang terletak di Desa Poopo, Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara terkenal dengan panorama alam dan lukisan awan yang indah dan menakjubkan mata.

Meskipun infrastruktur jalan belum terlalu memadai, namun kini objek wisata tersebut semakin di buru oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Setiap harinya ada ratusan bahkan ribuan orang memadati tempat tersebut hanya untuk mengabadikan fenomena unik yang muncul mulai pukul 05.00 – 08.00 pagi.

Gunung Payung sendiri dinamakan karena dulunya, area perbukitan ini adalah tempat bersembunyi prajurit-prajurit Permesta.

Negeri diatas awan ditemukan oleh salah seorang petani yang bermalam di Daseng atau sebutan rumah yang ada diladang perkebunan.

IMG-20180908-WA0037

Dari situlah negeri diatas awan ini dikenal dari mulut ke mulut, karena pada saat itu belum memiliki smartphone untuk mengabadikan fenomena unik tersebut.

Hingga pada akhirnya diviralkan di media sosial oleh pemuda daerah setempat pada beberapa bulan yang lalu.

Menurut salah satu pengunjung, Indah Pesik, yang datang khusus dari Sonder, dirinya mengetahui tempat ini dari Media Sosial Facebook.

“Saya senang foto-foto, dan saya memang sengaja datang kesini untuk bisa melihat langsung dan mengambil foto negeri diatas awan ini,” ujar Indah.

IMG_20180907_054927_HDR

Mantan Sekretaris Desa, Tommy Lumintang yang sehari-hari bertugas di Kecamatan Ranoyapo sebagai ASN mengatakan untuk naik keatas gunung ini tidak di pungut biaya, karena belum ada Perdes yang mengatur, hanya ada panitia yang di bentuk untuk menerima para pengunjung.

Dirinya pun berharap agar keindahan alam Gunung Payung bisa menjadi tempat pariwisata.

“Kami berharap nantinya Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan bisa melirik tempat ini untuk diatur dan dijadikan tempat wisata baru, karena, Jumat yang lalu saja ada sekitar ribuan orang pengunjung. Biasanya ramai pengunjung di hari Jumat dan Sabtu, karena libur ya dan ada juga yang menginap,” harapnya

IMG-20180909-WA0010

Sementara itu, Pemerhati Gunung Payung, Casper Kordak merasa terpanggil untuk mengangkat Gunung Payung agar menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Ini merupakan potensi yang besar nantinya untuk Kabupaten Minahasa Selatan, tugas kami sebagai masyarakat setempat untuk memperkenalkan daerah ini, masih ada juga potensi untuk memperkenalkan budaya, didaerah ini ada Lesung besar yang dulunya dipakai oleh para leluhur kami.” tutupnya.

Yang perlu diketahui, bagi anda yang tertarik untuk datang ke Gunung Payung, alangkah baiknya sekira jam 03.00 pagi sudah bisa berada di Posko Daseng untuk bersiap mendaki, sehingga bisa melihat Matahari terbit dari Negeri di atas awan, dan jangan lupa siapkan tenaga anda, karena harus berjalan sekitar 3 kilometer dengan kemiringan mencapai 60 derajat.

(Desieree)

(Visited 202 times, 1 visits today)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply