Kuat Dugaan, PT SEJ Pekerjakan TKA Secara Ilegal

ASPIRASInews.com, Amurang – Perusahaan tambang emas PT Sumber Energi Jaya (SEJ) yang beroperasi di wilayah Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kuat dugaan mempekerjakan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) secara illegal.

Pengawas Ketenaga-kerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Minsel Jerry Masinambouw saat dikonfirmasi www.ASPIRASInews.com, Kamis (19/5) siang tadi mengatakan, sesuai dengan data Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), PT SEJ hanya melaporkan 36 orang saja.

Lanjutnya, IMTA tersebut akan berakhir pada bulan Juni tahun 2016 ini, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 1 tahun 2016, di mana setiap perusahaan wajib memperpanjang IMTA di daerah perusahaan itu beroperasi.

“Lokasi PT SEJ beroperasi di Minsel, maka pengurusannya harus dilakukan di sini, dan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi jika perusahaan beroperasi di dua daerah, maka pengurusan izinnya harus dilakukan di provinsi,” jelas Masinambouw.

Informasi yang dirangkum dari warga sekitar yang keseharian beraktivitas di kebun berjarak kurang lebihh 20-50 meter dari areal pertambangan menyebutkan, jumlah pekerja asing (warga negara cina, red) yang melaksanakan aktivitas di areal pertambangan mencapai ratusan orang.

“Para Tenaga Kerja Asing tersebut disinyalir dipekerjakan oleh anak perusahaan PT SEJ yakni PT Energi Powerindo Jaya,” ucap sumber yang tak mau namanya dicantumkan. (feidy lahope)

(Visited 142 times, 1 visits today)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply